Bahan Ajar Peluang Usaha
BAHAN AJAR 1
MENGANALISIS PELUANG
USAHA
I.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat :
a. Memahami peluang usaha barang/jasa secara mandiri
b. Menentukan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan teliti
c. Menganalisis kemungkinan
keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan tepat
d. Pemanfaatan peluang usaha
dilingkungan sekitar secara kreatif dan inovatif
II.
Materi Ajar
1. Pengertian Peluang Usaha
Opportunity berarti kesempatan yang
muncul dari sebuah kejadian atau moment. Jadi peluang berasal dari kesempatan
yang muncul dan menjadi ide bagi seseorang. Banyak sekali peluang usaha yang
berada disekitar kita asal mau mencari dan bertanya. Cara mengidentifikasi
peluang usaha yang ada bisa dicari asal mau bekerja keras, ulet dan percaya
kepada kemampuan diri sendiri.
Upaya menggali dan memanfaatkan peluang
usaha seorang wirausaha harus berfikir positif dan kreatif diantaranya dengan
cara sebagai berikut :
a. Percaya
bahwa usaha dapat dilaksanakan
b. Menerima
gagasan baru
c. Bertanya
pada diri sendiri
d. Mendengarkan
saran dari orang lain
e. Memiliki
etos kerja tinggi
f. Pandai
berkomunikasi
Hal-hal yang perlu dicermati dalam mencari
peluang usaha, diantaranya :
a.
Informasi tentang minat dan daya beli konsumen
b.
Informasi seluk belukpemasaran produk/jasa
c.
Informasi mengenai penjualan produk dan jasa
d.
Informasi mengenai manajemen usaha
e.
Informasi mengenai modal usaha
f.
Informasi mengenai tenaga kerja
g.
Informasi mengenai perawatan peralatan
h.
Informasi mengenai administrasi dan pembukuan
i.
Informasi
mengenai penelitian dan pengembangan usaha
2.
Faktor-faktor
keberhasilan dan kegagalan usaha
A. Faktor keberhasilan Usaha
Menurut Small Business Development Center
untuk mencapai keberhasilan usaha tergantung pada hal-hal berikut :
a. Individual
skill and attitudes, yaitu keterampilan dan sikap individual
b. Knowledge
of business, yaitu pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan
c. Estabilisment
of goal, yaitu kemantapan dalam menentukan tujuan perusahaan
d. Take
advantages of the opportunities, yaitu keunggulan dalam mencari peluang
e. Adapt
the change, yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan
f. Minimize
the threats to business, yaitu kemampuan untuk meminimalkan ancaman terhadap
perusahaan
Dalam menjalankan usahanya wirausaha mempunyai keinginan
untuk mencapai keberhasilan, adapun factor-faktor keberhasilan usaha dapat
diidentifikasi sebagai berikut :
a. Factor manusia, karena maju mundurnya suatu usaha
bergantung pada manusianya
b. Factor keuangan diperlukan untuk operasional
perusahaan seperti produksi, pemasaran, distribusi atau tenaga kerja
c. Factor permodalan, sumber modal bisa dari sendiri
atau asing
d. Factor
organisasi berfungsi untuk menetapkan kegiatan yang harus dilaksanakan dan
mengelompokkan kegiatan sesuai dengan tugas yang harus dilaksanakan agar tujuan
dapat tercapai
e. Factor
perencanaan berfungsi merumuskan dan menentukan tujuan usaha yang diharapkan
untuk kemudian dituangkan kedalam sasaran
f. Factor
mengatur bisnis adalah fungsi manajemen yang baik dalam pengaturan kegiatannya
g. Factor
pajak dan asuransi turut dalam pembangunan pemerintah dan mengasuransikan
perusahaan serta karyawannya
h. Faktor
fasilitas pemerintah memberikan kemudahan dalam mengurus izin usaha yang
diperlukan oleh wirausahawan
i.
Catatan bisnis, penting untuk mencatat kejadian atau
peristiwa dalam setiap kegiatannya sebagai gambaran untuk mengetahui keadaan
perusahaannya.
Keberhasilan suatu
usaha dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya membuka usaha secara
mandiri dan menanamkan atau membentuk kewirausahaan di sekolah.
a. Keuntungan
mempunyai usaha mandiri
-
Bisa menikmati pekerjaan yang disenangi
-
Dapat mempelajari keterampilan baru
-
Menghasilkan uang atau keuntungan
-
Lebih mandiri dan hidup lebih terkendali
-
Saat usaha maju bisa mempekerjakan orang lain
-
Dapat melayani kebutuhan orang lain
b. Menanamkan
dan membentuk kewirausahaan di sekolah
Factor yang berperan
dalam membuka dan menerapkan minat untuk berwirausaha di sekolah adalah
menyanmgkut :
-
Aspek kepribadian siswa sendiri
-
Hubungan dengan teman-teman di sekolah
-
Hubungan dengan orang tua dan keluarga
-
Hubungan dengan lingkunagannya
Adapun factor-faktor pemicu dan dorongan agar
siswa mau berusaha adalah :
-
Adanya praktek kecil-kecilan dalam bisnis dengan
temannya
-
Adanya tim bisnis di sekolah yang dapat diajak
bekerjasama
-
Adanya dorongan dari orang tua, family dalam
berwirausaha
-
Adanya pengalaman berwirausaha sebelum masuk
sekolah
B. Faktor kegagalan Usaha
Selain
keberhasilan seorang wirausahawan juga harus siap menerima kegagalan. Setiap
usaha pada dasarnya memiliki resiko untuk gagal. Pada umumnya kegagalan usaha
justru disebabkan olah pemimpin, pemilik atau pengelola usaha itu sendiri.
Penyebab kegagalan suatu usaha adalah :
a. Tidak ada
perencanaan
b.Tidak
memiliki pendidikan yang relevan dengan usaha yang dijalankan
c. Tidak
berorientasi ke masa depan
d. Kurang
spesialisasi
e. Jarang mengadakan
inovasi
f. Tidak ada
pembukuan yang teratur
g.Tidak
mengadakan analisis pasar
h.Kurang
pengetahuan dan hokum
i. Kurang
mempelajari ilmu modern
j. Cepat puas
diri
k.Jarang
melakukan pengkaderan (penerus)
l. Keluarga
sentries (nepotisme)
3. Mengembangkan ide dan peluang usaha
Ide
merupakan rancangan yang muncul dalam pikiran. Semua orang dapat menimbulkan
ide yang dapat dikembangkan menjadi peluang usaha. Ide-ide tersebut dapat
muncul dari berbagai halmisalnya hobby, rekreasi, khayalan atau mimpi. Untuk
mengembangkan idea tau gagasan tentang peluang usaha, kita harus berfikir
secara :
a. Positif,
arahkan pada hal-hal yang mudah dan bermanfaat
b. Kreatif,
arahkan kepada hal-hal yang dapat tertarik pada produk kita
c. Inovatif,
arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna dimasyarakat
d. Inisiatif,
langsung bergerak jangan ditunda lagi
e. Fleksibel,
sesuaikan dengan perubahan yang terjadi
f. Responsif
dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi
Ada
beberapa langkah yang dalam dilakukan dalam mengembangkan ide usaha
diantaranya, :
a.
Tetapkan dengan jelas pengembangan ide usaha tersebut
b.
Tentukan tujuan khusus dalam pengembangan ide usaha
tersebut
c.
Upayakan setiap karyawan dalam perusahaan memahami
pengembangan ide usaha
d.
Buat dan laksanakan system pencatatan prestasi ide
usaha
e.
Berikan penghargaan kepada karyawan agar prestasi
pengembangan ide menjadi obsesi
f.
Upayakan agar para karyawan memahami peranannya dan
berikan kesempatan untuk terlibat dalam pengembangan usaha dalam peningkatan
prestasi perusahaan.
Setelah seorang wirausaha mewujudkan ide
dan peluang usaha tersebut sebaiknya mulailah dari usaha yang berskala kecil
terlebih dahulu. Disamping memperkecil resiko langkah tersebut membantu
mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha.
4.
Menganalisis
kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
Ketika menganalisis
peluang usaha kita dihadapkan pada kegagalan usaha karena apa yang kita
laksanakan tidak selalu akan mencapai keberhasilan. Untuk menganalisis
kemungkinan usaha kita membutuhkan alat analisis. Satu diantara alat tersebut
adalah analisis SWOT (Strength, weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT
adalah alat untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan peluang. Selain itu
analisis SWOT juga digunakan untuk menganalisis ancaman yang mungkin muncul
dari pesaing. Dari analisis SWOT tersebut para pelaku usaha bisa membuat
perencanaan dan perhitungan yang matang sehingga kemungkinan terjadinya
kegagalan bisa ditekan.
Selain
analisis Swot banyak cara dalam menganalisis peluang usaha agar mengurangi
kemungkinan kegagalan dalam berusaha. Satu diantaranya adalah evaluasi secara
sistematis dengan system manajemen POAC. Manajemen Poac mencakup :
a.
Planning, membuat perencanaan yang matang dan tersusun
rapi
b.
Organizing, bagaimana mengatur dan menetapkan kegiatan
yang dilaksanakan termasuk pembagian tugas tenaga kerja
c.
Actuating, penggerakan atau pelaksanaan dari rencana
dan pengaturan tersebutdengan lancar dan terkendali
d.
Controlling yaitu pengendalian dan pengawasan apakah
yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan atau tidak.
Analisis lain adalah dengan melakukan observasi langsung ke
konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan yang ada di masyarakat. Dari
observasi tersebut kita bisa mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap
usaha yang dilaksanakan.
Observasi dapat dilakukan dengan
cara :
a.
Wawancara langsung
b.
Pengamatan ke pasar-pasar
c.
Memberikan angket untuk di isi
Setelah mengobservasi kita membagi atau
membuat segmentasi konsumen sehingga target konsumen dan keuntungan pun lebih
mudah di raih. Karena itu para wirausahawan hartus jeli terhadap perubahan yang
terjadi di masyarakat, seperti selera konsumen, kebiasaan masyarakat, saluran
distribusi serta perubahan teknologi dan komunikasi.
Kesimpulannya
produk yang dibuat harus mampu menarik minat sehingga kegagalan usaha dapat
dihindari. Selain itu produk juga dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan
cara :
a.
Memilih dan membuat produk yang bermanfaat, berkualitas
dan laku terjual dengan harga bersaing
b.
Membuat desain baru dengan harga terjangkau
c.
Membuat produk lebih cepat dan murah
d.
Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang lebih
menguntungkan
5.
Pemanfaatan
peluang usaha secara kreatif dan inovatif
A. Pemanfaatan peluang secara kreatif
Kreatifitas merupakan
satu dari kemampuan manusia yang dapat memberi kepuasan dalam hidup sehingga
manusia dapat mengaktualisasikan dirinya dalam lingkungannya. Kreatifitas dapat
diartikan sebagai kemampuan mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam
memecahkan masalah untuk menemukan peluang.
Orang yang kreatif adalah orang yang cepat menangkap peluang yang muncul
dari kondisi lingkungan sekitarnya. Orang kreatif akan memandang barang yang
oleh kebanyakan orang dianggap tidak berguna, menjadi sangat berguna dan
bernilai jual. Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara
kreatif dan mampu menghasilkan nilai tambah antara lain sebagai berikut :
a.
memanfaatkan barang bekas, misalnya :
- Sedotan dibuat bunga
- kardus menjadi bingkai dan tas
b.
Memanfaatkan barang yang tersedia/disediakan oleh alam,
seperti membuat gerabah dan kerajinan dari tanah liat
c.
Memanfaatkan kejadian atau peristiwa yang ada
disekitarnya, misalkan :
-
Berdagang aneka keperluan sekolah menjelang
tahun ajaran baru
-
Berjualan aneka minuman dikala musim kemarau
Ciri orang kreatif mampu mengembangkan dan memanfaatkan peluang usaha
diantaranya:
a.
Fleksibel dalam memanfaatkan peluang usaha
b.
Berkemampuan tinggi dalam mengembangkan idea tau
gagasan yang berbeda buat produksi jasanya
c.
Termotivasi oleh masalah-masalah yang menantang dalam
memanfaatkan peluang usahanya
d.
Sangat kaya akan kehidupan fantasi
e.
Memiliki pandangan positif dalam pemanfaatan peluang
usaha
B.
Pemanfaatan
peluang secara inovatif
Inovatif adalah adalah suatu temuan
baru yang menyebabkan berdayagunanya produk atau jasa kearah yang lebih produktif.
Sumber-sumber inovatif seorang wirausahawan adalah :
a. adanya konsep pengetahuan dasar didalam pemanfaatan
peluang usaha
b. adanya suatu proses yang sesuai dengan kebutuhan
konsumen terhadap produk/jasa
c. adanya perubahan dalam persepsi kebutuhan konsumen
terhadap produk atau jasa
d. adanya kejadian yang tidak diharapkan didalam
pemanfaatan peluang usaha
e. adanya ketidakharmonisan didalam membuat produk
barang atau jasa
f. adanya perubahan dan pengembangan dalam industry dan
pasar
g. adanya perubahan dalam demografi penduduk
h. adanya selera, minat dan daya beli konsumen terhadap
produk atau jasa
Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan inovasi tetapi kemampuan
ini hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan keras untuk
mengembangkan diri agar mencapai keberhasilan, cara-cara untuk mengembangkan
inovasi diantaranya :
a.
Biasakan memiliki mimpi
b.
Perkayalah sumber ide
c.
Biasakan diri menerima perbedaan dan perubahan
d.
Tumbuhkan sikap empati
Jadi peluang pemanfaatan kreatifitas dan inovasi bisa menjadi usaha
tergantung dari kemauan, kerja keras, dan usaha tersebut.
Komentar
Posting Komentar