RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 2 PADANG
Mata Pelajaran : Produk Kreatif Kewirausahaan
Komp. Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Materi Pembelajaran : Menganalisis
Peluang Usaha
Kelas / Semester : XI / Gannjil
Tahun
Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.2
Menganalisis peluang usaha produk barang dan jasa
4.2 Menentukan peluang
usaha produk barang dan jasa
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI Pengetahuan
a.
Memahami peluang usaha produk barang/jasa
b.
menentukan factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
c.
Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
2.
Indikator KD pada KI keterampilan
a.
Menyajikan
bentuk-bentuk peluang usaha
b.
Mencipta peluang usaha yang
sesuai dengan kondisi lingkungan
masing-masing
secara kreatif dan inovatif
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat :
a. Memahami peluang usaha barang/jasa secara mandiri
b. Menentukan faktor-faktor
keberhasilan
dan kegagalan wirausaha dengan teliti
c. Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan
kegagalan wirausaha dengan tepat
d. Memanfaatkan peluang usaha secar kreatif dan
inovatif
E.
Materi
Pembelajaran
a. Pengertian
peluang usaha
b. Factor
keberhasilan dan kegagalan usaha
c. Analisis
kemungkinan keberhasilan dan kegegalan usaha
d. Pemanfaatan
peluang usaha secara kreatif dan inovatif
F. Model dan Metode
Pendekatan :
Scientifik
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Diskusi dan Tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
a.
Memberikan salam
b.
Membaca doa ( nilai religius )
c.
Mendata kehadiran siswa
d.
Pengkondisisan kelas ( nilai disiplin )
Apersepsi
a.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pembelajaran sebelumnya.
b.
Mengajukan pertanyaan mengenai usaha yang ada
disekitar tempat tinggal siswa
c.
Bertanya apakah siswa sudah pernah mendengar istilah
peluang usaha
Memberi Motivasi
a.
Memberi gambaran tentang peluang usaha yang ada
dilingkungan sekitar
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
c.
Garis besar materi yang akan dipelajari
d.
Membentuk kelompok diskusi
e.
Menjelaskan langkah pembelajaran sesuai dengan
mekanisme pelaksanaan di lapangan
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Pemberian rangsangan
·
Peserta didik melihat dan mengamati peluang usaha yang ada dilingkungannya
·
Peserta didik menyebutkan peluang usaha yang ada
dilingkungan sekitarnya
·
Peserta didik membaca buku untuk mengidentifikasi
jenis-jenis peluang usaha dan factor kegagalan dan keberhasilan wirausaha
2.
Identifikasi Masalah
Dengan kegiatan diskusi peserta didik melakukan
tanya jawab tentang apa arti peluang usaha dan contoh peluang usaha yang ada
dilingkungan sekitarnya.
Peserta didik mengamati dan membaca kegiatan usaha
untuk melihat factor-faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan wirausaha
3.
Pengumpulan Data
Dengan menayangkan berbagai
kesibukan masyarakat dalam melakukan kegiatan usaha, Peserta didik
mengumpulkan informasi tentang jenis-jenis peluang usaha yang ada di tengah-tengah masyarakat dan
mengidentifikasi factor-faktor kegagalan dan keberhasilannya
4. Pembuktian
Setelah mengamati
tayangan , peserta didik berdiskusi
membahas
jenis-jenis peluang usaha yang banyak berkembang di masyarakat
kemudian mengumpulkan data kegiatan
usaha yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha dalam berbagai bidang usaha
serta factor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha tersebut
5. Menarik Kesimpulan
Dari hasil diskusi peserta didik menyampaikan
/mengkomunikasikan berbagai jenis
peluang usaha yang berkembang dan ada di masyarakat sebagai bahan dalam menentukan pilihan peluang usaha yang
paling tepat dan menyampaikan factor-faktor kegagalan dan keberhasilan
wirausaha serta menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usahanya
|
60
menit
|
Penutup
|
a. Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang
dipelajari.
b.
Peserta didik menyebutkan pengalaman yang didiapat pada pembelajaran menganalisis Peluang usaha dan
menganalisis kemungkinan kegagalan dan keberhasilannya
c. Guru
menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu tentang aspek-aspek perencanaan usaha
|
10 menit
|
H.
Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
Media : PowerPoint tentang peluang usaha
Sumber : Risma Juita.
2014. Modul kewirausahaan, kelas XI
Kemendikbud, 2014. Prakarya dan Kewirausahaan. Jakarta
Artikel Kisah Sukses Wirausaha
Blog rismajuita.blogspot.co.id
Alat/bahan : Laptop dan
LCD,
I. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
2.
Instrumen Penilaian
Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal
Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara Pengolahan Nilai
Mata Pelajaran: Produk Kreatif
Kewirausahaan
Kompetensi Dasar
|
Indikator (IPK)
|
Materi
|
Indikator Soal
|
BentukTes
|
Butir Soal
|
||
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang dan jasa
|
1.
Memahami
peluang usaha produk
barang dan jasa
2.
Menentukan
factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
3. Menganalisis
kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
4.
Memahami peluang usaha
produk barang/jasa
5.
Menentukan
factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
Masing-masing siswa
diberikan kisah sukses wirausaha dan dimnita memahami dan mencari karakter
apa yang dimiliki wirausaha tersebut sehinggan berhasil serta mencari
factor-faktor keberhasilan dan kegagalannya.
|
Peluang usaha produk
barang dan jasa
Peluang usaha produk
barang dan jasa
|
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian peluang usaha barang/jasa secara mandiri
a.
Siswa dapat
menyebutkan faktor-faktor keberhasilan wirausaha
dengan teliti
b.
Siswa dapat
menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan tepat
c.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian peluang usaha barang/jasa secara mandiri
d.
Siswa dapat
menyebutkan faktor-faktor keberhasilan wirausaha
dengan teliti
|
Tes tulis
Tes Objektif
Studi Kasus
|
1. Jelaskan maksud peluang usaha
2.
Sebutkan factor-faktor keberhasilan usaha
1.
Jelaskan dua cara menganalisis kemungkinan
keberhasilan dan kegagalan wirausaha
2. Kesempatan atau waktu yang tepat yang
seharusnya muncul dan diambil, dimanfaatkan bagi seorang wirausaha untuk
mendapatkan keuntungan disebut....
a.
peluang usaha
b.
resiko usaha
c.
kesempatan usaha
d.
perhitungan usaha
e.
keputusan
3.
Faktor
pendukung keberhasilan usaha yang berhubungan dengan pencatatan dan
pendokumentasian segala kejadian yang berhubungan dengan usaha adalah faktor:
a.
Manusia
b.
Pemasaran
c.
Perencanaan
d.
Administrasi
e.
Fasilitas pemerintah
Masing-masing siswa
diberikan kisah sukses wirausaha dan dimnita memahami dan mencari karakter
apa yang dimiliki wirausaha tersebut sehinggan berhasil serta mencari
factor-faktor keberhasilan dan kegagalanny
|
||
|
Kunci Jawaban Soal essay
1.
Peluang Usaha adalah Kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya muncul
dan diambil, dimanfaatkan bagi seorang wirausaha untuk mendapatkan
keuntungan.
2.
Factor-faktor
keberhasilan usaha dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.
Factor manusia, karena maju mundurnya suatu usaha
bergantung pada manusianya
2.
Factor keuangan diperlukan untuk operasional
perusahaan seperti produksi, pemasaran, distribusi atau tenaga kerja
3.
Factor permodalan, sumber modal bisa dari sendiri
atau asing
4.
Factor
organisasi berfungsi untuk menetapkan kegiatan yang harus dilaksanakan dan
mengelompokkan kegiatan sesuai dengan tugas yang harus dilaksanakan agar
tujuan dapat tercapai
5.
Factor
perencanaan berfungsi merumuskan dan menentukan tujuan usaha yang diharapkan
untuk kemudian dituangkan kedalam sasaran
6.
Factor
mengatur bisnis adalah fungsi manajemen yang baik dalam pengaturan
kegiatannya
7.
Factor
pajak dan asuransi turut dalam pembangunan pemerintah dan mengasuransikan
perusahaan serta karyawannya
8.
Faktor
fasilitas pemerintah memberikan kemudahan dalam mengurus izin usaha yang
diperlukan oleh wirausahawan
3. Untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan dan
kegagalan wirausaha bisa di lakukan dengan
analisis SWOT (Strength, weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT
adalah alat untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan peluang. Selain itu
analisis SWOT juga digunakan untuk menganalisis ancaman yang mungkin muncul
dari pesaing. Dari analisis SWOT tersebut para pelaku usaha bisa membuat
perencanaan dan perhitungan yang matang sehingga kemungkinan terjadinya
kegagalan bisa ditekan.
Kunci jawaban soal Objektif
4.
A
5.
D
|
||||||
|
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
Nilai 4 : jika Jawaban
sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan
Nilai 3 : jika jawaban
sesuai kunci jawaban
Nilai 2 : jika jawaban
kurang sesuai dengan kunci jawaban
Nilai 1 : jika jawaban
tidak sesuai dengan kunci jawaban
|
||||||
|
Contoh Pengolahan Nilai
|
||||||
IPK
|
No Soal
|
Skor
Penilaian
|
Nilai
|
||||
1.
|
1
|
3
|
Nilai perolehan KD
pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(10/12) * 100 = 83,33
|
||||
2.
|
2
|
3
|
|
||||
3.
|
3
|
4
|
|||||
Jumlah
|
10
|
||||||
J.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
-
Remedial :
mengulang kembali materi singkat tentang peluang usaha serta memberikan soal
tes dan kasus wirausaha kepada siswa yang belum tuntas.
-
Pengayaan
: memberikan materi tambahan tentang kisah sukses wirausaha, mencari karakter dan penyebab keberhasilannya
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Rusmadi, M. Pd Risma
Juita, S. Pd
Komentar
Posting Komentar