RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                       : SMK NEGERI 2 PADANG
Mata Pelajaran                      : Produk Kreatif Kewirausahaan
Komp. Keahlian                    : Teknik Komputer dan Jaringan
Materi Pembelajaran             : Menganalisis Peluang Usaha
Kelas / Semester                 : XI / Gannjil
Tahun Pelajaran                   : 2017 / 2018
      Alokasi Waktu                     : 2 x 45 Menit


A.   Kompetensi Inti
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
    Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
    Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.   Kompetensi Dasar
3.2   Menganalisis peluang usaha produk barang dan jasa
4.2 Menentukan peluang usaha   produk barang dan jasa

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI Pengetahuan
a.         Memahami peluang usaha produk barang/jasa
b.         menentukan factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
c.         Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha


2.       Indikator KD pada KI keterampilan
a.         Menyajikan bentuk-bentuk peluang usaha
b.         Mencipta peluang usaha yang sesuai  dengan kondisi lingkungan masing-masing secara kreatif dan inovatif


D.   Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik  dapat :
a.       Memahami peluang usaha barang/jasa secara mandiri
b.       Menentukan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan teliti
c.       Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan tepat
d.       Memanfaatkan peluang usaha secar kreatif dan inovatif

E.   Materi Pembelajaran
a.    Pengertian peluang usaha
b.    Factor keberhasilan dan kegagalan usaha
c.    Analisis kemungkinan keberhasilan dan kegegalan usaha
d.    Pemanfaatan peluang usaha secara kreatif dan inovatif

F.    Model dan Metode
Pendekatan                              :    Scientifik
Model Pembelajaran                 :    Discovery Learning
Metode                                    :    Diskusi dan Tanya jawab

G.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi
a.    Memberikan salam
b.    Membaca doa  ( nilai religius )
c.    Mendata kehadiran siswa
d.    Pengkondisisan kelas ( nilai disiplin )
Apersepsi
a.    Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pembelajaran sebelumnya.
b.    Mengajukan pertanyaan mengenai usaha yang ada disekitar tempat tinggal siswa
c.    Bertanya apakah siswa sudah pernah mendengar istilah peluang usaha

Memberi Motivasi
a.    Memberi gambaran tentang peluang usaha yang ada dilingkungan sekitar
b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
c.    Garis besar materi yang akan dipelajari
d.    Membentuk kelompok diskusi
e.    Menjelaskan langkah pembelajaran sesuai dengan mekanisme pelaksanaan di lapangan
20 menit
Inti

1.    Pemberian rangsangan
· Peserta didik melihat dan mengamati peluang usaha      yang ada dilingkungannya
· Peserta didik menyebutkan peluang usaha yang ada dilingkungan sekitarnya
· Peserta didik membaca buku untuk mengidentifikasi jenis-jenis peluang usaha dan factor kegagalan dan keberhasilan wirausaha

2.    Identifikasi Masalah
Dengan kegiatan diskusi peserta didik melakukan tanya jawab tentang apa arti peluang usaha dan contoh peluang usaha yang ada dilingkungan sekitarnya.
Peserta didik mengamati dan membaca kegiatan usaha untuk melihat factor-faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan wirausaha

3.    Pengumpulan Data
Dengan menayangkan berbagai kesibukan masyarakat dalam melakukan kegiatan usaha, Peserta didik mengumpulkan informasi tentang jenis-jenis peluang usaha  yang ada di tengah-tengah masyarakat dan mengidentifikasi factor-faktor kegagalan dan keberhasilannya

4.    Pembuktian
Setelah mengamati tayangan , peserta didik berdiskusi
membahas jenis-jenis  peluang usaha  yang banyak berkembang di masyarakat kemudian mengumpulkan   data kegiatan usaha  yang bisa dijadikan sebagai  peluang usaha dalam berbagai bidang usaha serta factor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha tersebut

5.     Menarik Kesimpulan
Dari hasil diskusi  peserta didik menyampaikan /mengkomunikasikan  berbagai jenis peluang usaha yang berkembang dan ada di masyarakat  sebagai bahan dalam  menentukan pilihan peluang usaha yang paling tepat dan menyampaikan factor-faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha serta menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usahanya

60
menit

Penutup
a.    Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
b.    Peserta didik menyebutkan pengalaman yang didiapat pada  pembelajaran menganalisis Peluang usaha dan menganalisis kemungkinan kegagalan dan keberhasilannya
c.    Guru menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya  yaitu tentang aspek-aspek perencanaan usaha
10 menit


H.   Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
Media                  : PowerPoint tentang peluang usaha
Sumber               : Risma Juita. 2014. Modul kewirausahaan,  kelas XI
Kemendikbud, 2014. Prakarya dan Kewirausahaan. Jakarta
Artikel Kisah Sukses Wirausaha
   Blog rismajuita.blogspot.co.id
Alat/bahan           : Laptop dan LCD,

I.      Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian
·         Tes tertulis
·         Penilaian proses
2.    Instrumen Penilaian
Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara Pengolahan Nilai
Mata Pelajaran: Produk Kreatif Kewirausahaan

Kompetensi Dasar
Indikator (IPK)
Materi
Indikator Soal
BentukTes
Butir Soal
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang dan jasa
1. Memahami peluang usaha produk barang dan jasa

2.  Menentukan factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha

3.  Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha


4.    Memahami peluang usaha produk barang/jasa


5.    Menentukan factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha















Masing-masing siswa diberikan kisah sukses wirausaha dan dimnita memahami dan mencari karakter apa yang dimiliki wirausaha tersebut sehinggan berhasil serta mencari factor-faktor keberhasilan dan kegagalannya.
Peluang usaha produk barang dan jasa





















Peluang usaha produk barang dan jasa

1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian peluang usaha barang/jasa secara mandiri

a.    Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor keberhasilan wirausaha dengan teliti

b.    Siswa dapat menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan wirausaha dengan tepat

c.    Siswa dapat menjelaskan pengertian peluang usaha barang/jasa secara mandiri

d.    Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor keberhasilan wirausaha dengan teliti

Tes tulis















Tes Objektif




































Studi Kasus

1. Jelaskan maksud peluang usaha


2.    Sebutkan factor-faktor keberhasilan usaha

1.                   Jelaskan dua cara menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan wirausaha



2.    Kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya muncul dan diambil, dimanfaatkan bagi seorang wirausaha untuk mendapatkan keuntungan disebut....

a.        peluang usaha
b.        resiko usaha
c.        kesempatan usaha
d.        perhitungan usaha
e.        keputusan

3.    Faktor pendukung keberhasilan usaha yang berhubungan dengan pencatatan dan pendokumentasian segala kejadian yang berhubungan dengan usaha adalah faktor:
a.    Manusia
b.    Pemasaran
c.    Perencanaan
d.    Administrasi
e.    Fasilitas pemerintah

Masing-masing siswa diberikan kisah sukses wirausaha dan dimnita memahami dan mencari karakter apa yang dimiliki wirausaha tersebut sehinggan berhasil serta mencari factor-faktor keberhasilan dan kegagalanny


Kunci Jawaban Soal essay
1.       Peluang Usaha adalah Kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya muncul dan diambil, dimanfaatkan bagi seorang wirausaha untuk mendapatkan keuntungan.
2.       Factor-faktor keberhasilan usaha dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.         Factor  manusia, karena maju mundurnya suatu usaha bergantung pada manusianya
2.         Factor  keuangan diperlukan untuk operasional perusahaan seperti produksi, pemasaran, distribusi atau tenaga  kerja
3.         Factor  permodalan, sumber modal bisa dari sendiri atau asing
4.         Factor organisasi berfungsi untuk menetapkan kegiatan yang harus dilaksanakan dan mengelompokkan kegiatan sesuai dengan tugas yang harus dilaksanakan agar tujuan dapat tercapai
5.         Factor perencanaan berfungsi merumuskan dan menentukan tujuan usaha yang diharapkan untuk kemudian dituangkan kedalam sasaran
6.         Factor mengatur bisnis adalah fungsi manajemen yang baik dalam pengaturan kegiatannya
7.         Factor pajak dan asuransi turut dalam pembangunan pemerintah dan mengasuransikan perusahaan serta karyawannya
8.         Faktor fasilitas pemerintah memberikan kemudahan dalam mengurus izin usaha yang diperlukan oleh wirausahawan

3.       Untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan wirausaha bisa di lakukan dengan  analisis SWOT (Strength, weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT adalah alat untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan peluang. Selain itu analisis SWOT juga digunakan untuk menganalisis ancaman yang mungkin muncul dari pesaing. Dari analisis SWOT tersebut para pelaku usaha bisa membuat perencanaan dan perhitungan yang matang sehingga kemungkinan terjadinya kegagalan bisa ditekan.


Kunci jawaban soal Objektif
4.       A
5.       D


Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan
Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban
Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

Contoh Pengolahan Nilai
IPK
No Soal
Skor Penilaian
Nilai
1.
1
3

Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(10/12) * 100 = 83,33
2.
2
3

3.
3
4
Jumlah
10







J.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
-       Remedial : mengulang kembali materi singkat tentang peluang usaha serta memberikan soal tes  dan kasus wirausaha kepada siswa yang belum tuntas.
-       Pengayaan : memberikan materi tambahan tentang kisah sukses wirausaha, mencari karakter dan penyebab keberhasilannya


 

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran


          Drs. Rusmadi, M. Pd                                                                         Risma Juita, S. Pd
                                                          












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Ajar Peluang Usaha